KEMENDIKBUD PUNYA STRATEGI JITU CEGAH KORUPSI

loading...
loading...
WARTAPGRI.COM - Sahabat pembaca info Wartapgri, sudah tahukah anda bahwa Begini strategi jitu kemendikbud cegah korupsi. Untuk informasi selengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mendorong para pejabat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk rajin melaporkan harta kekayaannya. Tidak hanya sebelum menjabat, tetapi juga setelah meletakkan posisinya.
KPK juga mendorong penerapan wilayah bebas dari korupsi (WBK) serta wilayah birokrasi yang bersih dan melayani (WBBM).
“Kami sangat berharap ownership ada di Kemendikbud. Kami hanya men-trigger.  Kami juga berharap bisa ditugaskan satgas khusus yang melibatkan wakil dari tiap unit-unit utama,” ujar Agus di Kantor Kemendikbud, Kamis (3/8).
Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Effendy juga mengungkapkan, upaya pencegahan dan pengendalian korupsi di kementeriannya dilakukan dengan berbagai pendekatan.
Pada tanggal 6 Oktober 2015, Kemendikbud telah mencanangkan Zona Integritas. Pada akhir 2015 tercatat 99 persen pejabat wajib lapor di lingkungan Kemendikbud telah menyampaikan LHKPN.
Di samping itu juga, sebanyak 13.893 pegawai yang tidak tergolong wajib lapor juga telah ditetapkan sebagai wajib lapor Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN).
Tercatat sebanyak 87 persen telah menyampaikan LHKASN. Upaya pengendalian gratifikasi ditempuh dengan mendirikan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG).
Unit tersebut memfasilitasi pelaporan penerimaan gratifikasi, melayani konsultasi terkait gratifikasi, dan berkoordinasi dengan KPK terkait penetapan status gratifikasi.
Untuk saat ini, sistem pelaporan penyimpangan (whistle blowing system) di Kemendikbud dapat dilakukan di kanal Posko Pengaduan Inspektorat Jenderal.
Masyarakat dapat menyampaikan laporan mereka di posko-pengaduan.itjen.kemdikbud.go.id.
Penumbuhan tunas-tunas integritas yang dilakukan sejak tahun 2013 telah melatih 638 orang yang terdiri dari pejabat eselon di lingkungan Kemendikbud.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada rekan-rekan pembaca info Wartapgri terkait dengan Begini strategi jitu kemendikbud cegah korupsi yang dikutip dari Sumber.


Silahkan SUKAI HALAMAN Wartapgri untuk mendapatkan berita seputar Dunia Pendidikan, Guru, PNS, Honorer, Kementerian, Loker, dll. yang selalu terupdate, teraktual yang dilansir dari sumber-sumber terpercaya. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.
loading...

0 Response to "KEMENDIKBUD PUNYA STRATEGI JITU CEGAH KORUPSI"

Posting Komentar