INILAH PERINTAH PRESIDEN JOKOWI KEPADA MENDIKBUD DAN MERISTEKDIKTI UNTUK PERUBAHAN PENDIDIKAN

loading...
loading...
WARTAPGRI.COM - Sudah tahukah anda sahabat pembaca info Wartapgri, bahwa Inilah perintah Presiden Jokowi kepada Mendibud dan Meristekdikti untuk perubahan Pendidikan. Untuk informasi selengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.
Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa perkembangan pendidikan di Indonesia lambat. Dia pun mengeluhkan tidak kreatifnya dua Menteri, yakni Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy dan Menristekdikti Mohammad Nasir.
"Kita membutuhkan pembangunan sumber daya manusia. Ini wajib dan harus dilakukan karena menghadapi globalisasi itu. Tidak bisa lagi contoh, training-training, skill, perguruan tinggi, dan universitas itu monoton dan linier seperti yang kita kerjakan sekarang ini," kata dia dalam sambutannya pada acara Rapimnas Pertama Partai Hanura di Hotel Stones, Kuta, Bali, Jumat (4/8).
Pria yang akrab disapa Jokowi itu mencontohkan seperti jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di SMK, kata Jokowi, dari zaman lalu sampai sekarang hanya membuka jurusan bangunan, listrik, dan mesin. "Padahal dunia kini sudah berubah," kata dia.
Seharusnya, Mendikbud melihat kompetisi kebutuhan pekerja yaitu dengan membuka jurusan yang kompetitif seperti animasi, video, ritel, dan elektronika. Dia juga mengomentari Menristekdikti yang tidak melihat peluang untuk menciptakan lulusan handal dan disiplin ilmu yang mendetail. Selama ini, di perguruan tinggi, hanya membuka jurusan lama seperti ekonomi, hukum, dan, sospol. "Tidak pernah berani detail terhadap apa yang dibutuhkan sekarang ini," tambahnya.
Mestinya, kata dia, Mendikbud dan Menristekdikti membuka jurusan yang dibutuhkan di masyakat, pasar, dan negara. "Misalnya masalah fakultas human resources , logistic, ritel platform, atau green building," ujar dia.
Dia juga sudah memerintahkan Menristekdikti dan Mendikbud mengubah hal tersebut. Menurutnya, Indonesia tidak akan berkembang apabila sumber daya manusianya tidak diberikan pendidikan yang tepat dengan zaman.
"Saya sudah sampaikan kepada Mendikbud sehingga merespons perubahan di dunia. Mendikbud dan Meristekdikti, harus respons perubahan di negera kita," tandas dia.
Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada rekan-rekan pembaca info Wartapgri terkait dengan Inilah perintah Presiden Jokowi kepada Mendibud dan Meristekdikti untuk perubahan Pendidikan yang dikutip dari Sumber.
Silahkan SUKAI HALAMAN Wartapgri untuk mendapatkan berita seputar Dunia Pendidikan, Guru, PNS, Honorer, Kementerian, Loker, dll. yang selalu terupdate, teraktual yang dilansir dari sumber-sumber terpercaya. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.
loading...

0 Response to "INILAH PERINTAH PRESIDEN JOKOWI KEPADA MENDIKBUD DAN MERISTEKDIKTI UNTUK PERUBAHAN PENDIDIKAN"

Posting Komentar