TERNYATA INI MAKSUD MENTERI ANIES ANJURKAN ORANGTUA ANTAR ANAK KE SEKOLAH

loading...
loading...
WARTAPGRI - Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua. semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi sahabat semuanya. silahkan di baca informasi selengkapnya!
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, mengajak semua orangtua agar mengantarkan anak pada hari pertama masuk sekolah pada Senin (18/7/2016) WIB.
"Untuk hari pertama sekolah, kami tidak mewajibkan, namun menganjurkan orangtua mengantarkan di hari pertama sekolah," kata dia ditemui di Gedung Indosat, Jakarta, Minggu (17/7/2016).
Dia menjelaskan, mengantar anak itu bukan hanya sampai pintu gerbang sekolah, tapi kalau bisa sampai bertemu dengan guru dan wali kelas anak tersebut.
Menurut dia, guru sudah di-briefing untuk menyambut orangtua datang ke sekolah.
Ini karena pendidikan merupakan kolaborasi antara pendidik di rumah dan pendidik di sekolah. Kolaborasi tersebut hanya bisa terjadi jika ada komunikasi.
Selain itu, orangtua juga bisa bertemu orangtua yang lain. Sehingga ada saling interaksi antar para pendidik tersebut.
"Karena itu, kami memulai komunikasi pada hari pertama. Anak akan ketemu wali kelas baru, sekolah baru. Karena itu saat ini momentum. Kalau itu bisa dilakukan maka banyak hal positif yang bisa dilakukan," kata dia.
Upaya positif dari orangtua yang mengantarkan anak ke sekolah dapat mengetahui dan menumbuhkan potensi anak, serta mengurangi potensi anak bertingkah laku menyimpang.
Menumbuhkan potensi itu, kata dia, artinya kalau orangtua dan guru berinteraksi maka mereka lebih bisa mendorong perkembangan positif bagi anak.
"Contoh guru menemukan anak ini potensi menggambar, maka guru akan bilang ke orangtua di rumah. Di sisi lain kalau ada masalah, di sekolah dan keluarga, ditangani lebih cepat karena bisa berkomunikasi. Selama ini terjadi adalah orangtua dan guru tidak berinteraksi. Bahkan kalau ada masalah penyelesaiannya sendiri-sendiri, lalu muncul konflik," ungkapnya.
Dia juga menambahkan upaya mengajak semua orangtua mengantarkan anak pada hari pertama masuk sekolah merupakan langkah menghadirkan negara di sekolah.
"Nawacita menggariskan negara harus hadir. Dan di sekolah negara harus hadir. Caranya hadir, kami menyambut mereka, yang kedua dengan mengirim pesan kepada orang tua," pungkasnya.
Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.wartapgri.com untuk mengupdate segala informasi anda seputar Guru, ASN/PNS, CPNS, info Honorer, dll. Kami senantiasa memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber. Terima Kasih atas kunjungan anda, Wassalamualaikum Wr. Wb.
loading...

0 Response to "TERNYATA INI MAKSUD MENTERI ANIES ANJURKAN ORANGTUA ANTAR ANAK KE SEKOLAH"

Posting Komentar